advertising

Home

Tuesday, May 18, 2010

Tips and Trick : Menemukan dan Mendapatkan Pekerjaan

Untuk menemukan dan Mendapatkan Pekerjaan idaman dengan cepat, Anda perlu tampak menonjol di antara banyak orang. Beginilah caranya :

1. KENALI DIRI SENDIRI
Susunlah rencana karier yang diarahkan sendiri. Perusahaan menginginkan orang yang menunjukkan keinginan untuk berkembang maju dalam pertumbuhan pribadi maupun profesi. Dengan menyiapkan rencana karier yang diarahkan sendiri, akan mudah menyatakan cara Anda mencapai karier Anda saat ini dan kemana tujuan Anda dengan pekerjaan berikutnya. Jika hal ini dilakukan dengan benar, Anda akan mendapati diri Anda adalah komoditas yang langka dan berharga. Jika mengabaikannya, Anda akan mendapat Curriculum Vitae Anda akan dibuang ke keranjang sampah oleh si perekrut tenaga kerja bahkan untuk wawancara saja akan menjadi sulit bagi Anda.

2. PASARKAN DIRI ANDA SENDIRI
Memberi merk pada diri sendiri sangatlah penting. Selain CV dan surat pengantar, alat bantu baru agar sukses berburu pekerjaan adalah laman web pribadi, blog, porto folio online, dan social networking lainnya yang cerdas. Saat ini jika Anda tidak dapat ditemukan pada hasil Googling/di Google, maka artinya Anda tidak ada. Jika dilakukan secara profesional, internet juga membantu menunjukkan hal-hal yang tidak berwujud seperti animo kerja dan hasrat kehidupan, kemampuan menulis, daya cipta dan kreasi, serta keterampilan bergaul.

3. HARUS BERHATI-HATI SAAT ONLINE
Sayang, sebagaimana sudah diketahui oleh pengguna Facebook, MySpace dan Twitter yang masih mudaserta pengguna jejaring social lainnya, cara kita menggunakan fitur internet tersebut dapat menjadi bumerang. Sudah banyak kasus tentang perusahaan yang menepis calon karyawan berkualifikasi dan tidak dipertimbangkan untuk dipekerjakan hanyalah karena melihat materi yang tidak senonoh di halaman web pribadi atau situs jejaring sosial calon karyawan tersebut.

4. JALIN JEJARING TATAP MUKA
Ceritakan pada semua orang bahwa Anda sedang mencari pekerjaan. Bergabunglah dengan serikat dagang/business networking dan hadiri secara berkala setiap pertemuan kelompok profesi di kota Anda. Ingatlah, terdapat ribuan pekerjaan baru yang tercipta yang tidak pernah ditayangkan secara terbuka. Berbagai posisi ini sering kali terisi melalui saluran jejaring informal.

5. CARI INFORMASI SECARA ONLINE
Papan Lowongan kerja dan situs pekerjaan menawarkan puluhan peluang. Juga jangan lupa memeriksa situs-situs perusahaan tertentu untuk mengetahui lowongan kerja. Sering-seringlah memutakhirkan CV di papan pengumuman ini. CV yang baru dan mutakhir dipasang di bagian atas tumpukan untuk dipertimbangkan oleh perekrut tenaga kerja. Untuk alasan yang sama, sering-seringlah memeriksa situs untuk mengetahui adanya lowongan kerja.

6. KENALI KATA YANG MENARIK PERHATIAN
Perekrut tenaga kerja sering menggunakan kata kunci pencarian CV untuk menemukan calon karyawan yang memiliki keterampilan umum yang mereka cari. Pastikan Anda memasukkan kata-kata keterampilan dan istilah industri yang tepat dalam CV Anda dan ketika mengisi formulir aplikasi online. Simaklah posting pekerjaan yang ada saat ini untuk memperoleh gagasan mengenai kata kunci yang dicari perusahaan.

7. HUBUNGKAN DIRI
Anda sudah punya voice mail, email, instant messaging/IM atau account di jejaring social? Khususnya yang menjadi favorit para perekrut tenaga kerja yang ingin bisa menjangkau calon ketika mereka sedang online. Buatlah IM account dan account jejaring social lainnya.

8. SIAPKAN SEJAK AWAL
Kebanyakan para perekrut tenaga kerja menyaring daftar pendek calon dengan wawancara telepon singkat. Dengan memiliki rencana karier yang sudah dipikirkan matang-matang, siapkan diri anda, jika disediakan waktu pemberitahuan yang sangat singkat, untuk menjelaskan strategi jalur karier Anda dan bahwa pekerjaan yang sedang dibicarakan itu sangat tepat mengingat keterampilan yang sudah Anda miliki, prestasi dan visi untuk masa depan.

9. LATIHLAH KESUKSESAN
Sebagian besar pencari kerja dapat berbicara tentang keterampilan mereka, namun sebagian besar lainnya tidak siap menghadapi contoh nyata tentang bagaimanan keterampilan mereka dapat membantu perusahaan untuk maju. Tindakan apa yang membuahkan hasil apa? Ingat, para perekrut tenaga kerja sudah memangkas daftar calon sehingga hanya mencakup calon yang memiliki keterampilan yang disyaratkan saja. Agar bisa menonjol, gunakan kisah tentang prestasi masa lalu untuk menunjukkan penggunaan keterampilan Anda.

10. TINDAK LANJUTI
Setiap kali setelah berinteraksi dengan suatu perusahaan, kirimkan email yang disusun dengan rapi yang mengungkapkan penghargaan dan semangat Anda tentang peluang kerja tersebut. Jika Ada tidak mendapat kabar dari perusahaan itu setelah beberapa hari berlalu, hubungi perekrut tenaga kerja atau manajer yang bertugas merekrut tenaga kerja untuk mengetahui langkah berikutnya.

Semoga bermanfaat tips dan trick singkat diatas... untuk mengetahui berbagai informasi tentang career development Anda bisa mengunjungi situs Agd Agency......


0 Comment:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Infolinks In Text Ads