advertising

Home

Tuesday, March 9, 2010

RUMAH - Tips Menjual Rumah

Kunci untuk menjual rumah dengan cepat adalah menentukan harganya dengan tepat. Anda boleh saja merenovasi maupun menghabiskan uang untuk memasarkan rumah anda, tetapi harga yang salah untuk rumah yang tepat akan menjamin rumah tersebut tidak laku-laku.

Tips dan trick menentukan harga yang tepat adalah dengan menempatkan diri anda sebagai pembeli. Mulailah dengan survey baik secara online maupun melihat-lihat secara langsung rumah yang mirip dengan rumah anda untuk mendapatkan gambaran harga pasarnya.
Jangan tergoda untuk melihat-lihat rumah yang memiliki berbagai fasilitas yang tidak dipunyai oleh rumah anda, karena hal itu adalah pikiran busuk yang membuat si penjual mulai menetapkan harga yang melebihi harga yang layak.

Setelah anda mengumpulkan harga jual beberapa rumah yang setipe dengan rumah anda, maka hitunglah harga rata2 dari harga jual beberapa rumah tersebut. Kemudian tetapkanlah harga rumah anda 5% lebih rendah daripada harga rata-rata tadi. Saya tahu anda pasti mengira saya gila. Tidak, saya sama sekali tidak gila. Jangan pernah takut untuk menetapkan harga yang lebih rendah untuk rumah anda karena kekuatan pasar akan segera mengoreksi properti yang harganya terlalu rendah. Hal ini dinamakan perang penawaran dan anda pasti tersenyum saat perang ini dimulai.



Perubahan terpenting yang harus dilakukan adalah membuang semua tetek bengek yang membuat rumah tampak semrawut. Barang tersisa membuat rumah tampak lebih kecil dan calon pembeli tidak dapat mengabaikan tetek bengek itu ketika membayangkan mereka tinggal di rumah anda. Kemasi dan simpan di gudang dua pertiga barang anda bahkan termasuk mebel.

Orang suka suasana yang terang dan bersedia membayar untuk mendapatkannya. Setelah lokasi, alasan nomor satu calon pembeli memilih rumah tertentu adalah suasana terang. Buka atau lepaskan tirai, cuci jendela dan cat dinding dengan warna putih yang lembut. Rapikan tanaman, ganti tudung lampu dan pasang bola lampu yang wattnya besar.

Selanjutnya sikat rumah anda sampai bersih. Jangan sampai ada noda. Orang juga membeli rumah dengan mengandalkan hidungnya jadi hilangkan semua bebauan yang menumpuk akibat rokok, pakaian usang dan kotoran. Segarkan tampilan kamar mandi dengan memasang tirai shower dan dudukan toilet baru serta belilah beberapa handuk baru dan lipat dengan rapi kemudian taruh di ruang kamar mandi.

Jarang ada gunanya merenovasi dapur tetapi pertimbangkanlah untuk mengecat atau mengganti pintu lemari dapur atau memasang daun meja yang baru. Kadang hanya mengganti pegangan pintu lemari dan penarik laci dengan yang lebih modern akan sangat nyata perbedaannya.

Jangan sampai lupa halaman depan dan jalan masuk. Dari pengalaman saya yakin bahwa calon pembeli memutuskan akan membeli rumah dalah waktu delapan detik pertama setelah melihatnya. Jadi pasang pengukur waktu anda, turun dari kendaraan, dan catat apa yang anda lihat delapan detik pertama. Ada kemungkinan anda harus merapikan halaman. Cat pintu rumah dan rapikan, lalu periksa apakah bel maupun engsel pintu anda berfungsi dengan baik.

Nah, sekarang anda siap untuk beraksi. Tiba saatnya menyiapkan foto. Ambillah foto rumah pada saat cuaca cerah dan dari sudut lebar agar properti anda kelihatan lebih besar. Dewasa ini satu dari tiga rumah diiklankan secara online dan orang tidak akan memperdulikan properti yang fotonya jelek. Pasang secara online sedikitnya enam foto rumah yang bagus, bagian dalam dan luar.

Yang terakhir sewalah pialang yang hebat untuk menjualkan rumah anda. Jika mempekerjakan pialang yang tepat anda akan mendapatkan nilai yang lebih besar daripada uang yang anda keluarkan.

0 Comment:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Infolinks In Text Ads